Pengembalian Biaya (Refund) - Citlink

Hai Citilinkers, sudah pada tahu belum jika tiket yang sudah dibeli masih bisa dibatalkan dan diajukan pengembalian biaya (Refund) loh… mau tau caranya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengembalian biaya (refund) merupakan pengembalian sejumlah biaya kepada penumpang atas penerbangan Citilink yang tidak digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Kanal Pengajuan Refund

Apabila Citilinkers melakukan pembelian tiket & produk lainnya melalui:

  • Website resmi Citilink
  • Mobile App Citilink
  • Customer service Citilink di bandara
  • Contact center Citilink
  • Kanal penjualan milik Citilink lainnya

kalian dapat dengan mudah mengajukan pembatalan sekaligus pengembalian biaya melalui situs resmi Citilink https://refundcustomer.citilink.co.id

Namun untuk pembelian tiket melalui travel agent atau online travel agent (OTA), Citilinkers dapat melakukan pembatalan dan pengembalian biaya langsung ke pihak travel agent atau online travel agent (OTA) di tempat kalian melakukan pembelian tiket dan proses pengembalian biaya akan dilakukan oleh travel agent tersebut.

Apabila dalam satu kode booking terdapat beberapa nama dan hanya salah satu nama yang diajukan proses refund, maka Citilinkers dapat menghubungi Contact Center untuk diproses lebih lanjut.

 

Syarat & Ketentuan Refund

Hi Citilinkers...jika kalian ingin melakukan pembatalan penerbangan dan mengajukan pengembalian biaya, ada syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi nih. Kita simak yuk..

Ketentuan Refund

Ketentuan pembatalan perjalanan dan pengembalian biaya jasa angkutan udara, telah diatur di dalam Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No 30 tahun 2021. Berdasarkan ketetapan tersebut, Citilink menerapkan ketentuan Refund sebagai berikut:

  1. Refund voluntary 
    Pengembalian biaya untuk tiket yang belum digunakan dan diajukan sebelum jadwal keberangkatan dikarenakan calon penumpang membatalkan penerbangannya atas alasan pribadi (sakit, batal berangkat, hamil, kesalahan penginputan nama, tidak memiliki dokumen perijinan/visa perjalanan yang sesuai dan urusan pribadi)

    Waktu PembatalanPengembalian Biaya
    ≥ 72 jam sebelum penerbangan75% dari tarif dasar
    72 - 48 jam sebelum penerbangan50% dari tarif dasar
    48 - 24 jam sebelum penerbangan40% dari tarif dasar
    24 - 12 jam sebelum penerbangan30% dari tarif dasar
    12 - 4 jam sebelum penerbangan20% dari tarif dasar
    < 4 jam – 30 menit sebelum penerbangan10% dari tarif dasar
     
  2. Refund Involuntary
    Pengembalian biaya untuk tiket yang belum digunakan dikarenakan terjadi pembatalan, perubahan atau keterlambatan jadwal penerbangan oleh Citilink minimal 60 (enam puluh) menit, penumpang meninggal dunia, keadaan kahar (seperti bencana alam, perang, huru hara, pemogokan, epidemi/pandemi, sabotase, kebakaran dan kebijakan Pemerintah yang secara resmi berkaitan langsung dengan pelaksanaan penerbangan dan keadaan bahaya yang menyebabkan Perusahaan harus membatalkan penerbangan), penumpang ditolak terbang baik dari Citilink dan/ atau pihak bandara atau keadaan lainnya yang telah diatur akan dikembalikan seluruhnya sesuai dengan biaya pembelian tiket.

 

Syarat Refund

Jika Citilinkers melakukan pembelian melalui kanal penjualan resmi CIitlink, maka kalian wajib menyiapkan beberapa syarat berikut:

  1. Data Tiket
    1. Alamat email yang digunakan saat pembelian tiket 
    2. Kode booking 6 digit dengan kombinasi angka dan huruf
    3. Nama lengkap penumpang yang ingin mengajukan refund
  2. Data Pemohon
    1. No KTP/ Passport/ SIM salah satu penumpang dan/atau penerima refund
    2. Foto KTP/Passport/ SIM SIM salah satu penumpang dan/atau penerima refund
    3. KTP orang tua dan Kartu keluarga jika penumpang belum memiliki kartu identitas (Max 10MB)
  3. Dokumen pendukung sesuai metode pembayaran tiket
    1. Buku tabungan bagian depan atau screen capture m-banking yang menginformasikan nama dan nomor rekening penerima refund
    2. Bukti pembayaran atau mutasi rekening transaksi pembayaran tiket
    3. Screen capture kartu kredit yang menginformasikan nomor kartu dan nama pemilik kartu atau billing statement pembayaran tiket
    4. Bukti pembayaran tiket dan screen capture Akun E-wallet
  4. Surat Keterangan Resmi tidak laik terbang/dokumen kesehatan bagi penumpang yang sedang dalam Gangguan Kesehatan dan dilarang melakukan penerbangan
  5. Surat Kematian dari RT/RW/Rumah sakit bagi penumpang yang meninggal dunia

 

Untuk Informasi lebih lanjut Citilinkers dapat menghubungi :

  1. Contact Center 24 Jam 0804 1 080808 dan International Contact Center +6221 5088 6390
  2. Live chat pada website, mobile apps dan WhatsApp Citilink 0811 1011 0808
  3. Email customercare@citilink.co.id


sumber : https://www.citilink.co.id/id/refund




0 Komentar

Terbaru